Skip to main content

Cara Meningkatkan Percaya Diri

Cara Meningkatkan Percaya Diri


Cara Meningkatkan Percaya Diri - Ada salah satu teman Saya yang bertanya bagaimana cara meningkatkan percaya diri? Apa pengertian dari percaya diri? Menurut buku yang Saya baca yaitu Thantaway dalam The Dictionary of Counseling and Counseling, kepercayaan diri itu merupakan sebuah keadaan mental atau psikologis seseorang yang memiliki keyakinan kuat pada dirinya untuk melakukan sesuatu. Namun orang yang tidak percaya diri memiliki citra diri yang negatif, bahkan tidak percaya diri dengan kemampuannya karena sering menutup diri.


Jadi, sampai disini saja kita dapat mengetahui pengertian dari percaya diri itu seperti apa, dalam artian aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Orang yang percaya diri percaya pada kemampuan mereka sendiri dan memiliki harapan yang realistis, bahkan jika harapan mereka tidak menjadi kenyataan, mereka tetap positif dan menerimanya.


Harus diketahui, bahwa terdapat beberapa hal yang membuat seseorang tidak merasa percaya diri, diantaranya:


1. Minder

Sekarang coba tanyakan apa yang membuatnya merasa minder dan yakinkan dia bahwa setiap orang punya kelemahan, dia tidak selalu harus melihat ke atas atau menjadi orang lain tapi berusaha menjadi diri sendiri dan memahami potensi diri kemudian mengembangkannya.


2. Khawatir 

Berikan sebuah penjelasan kepadanya bahwa khawatir itu normal sehingga kita waspada. Namun, rasa khawatir yang berlebihan dapat merusak harga diri, oleh karena itu harus diperjuangkan untuk mendapatkan kembali kebahagiaan..


3. Berhenti memikirkan kekurangan

Berikan sebuah dorongan kepada dia untuk tetap semangat dan rendah hati, kemudian ubah kelemahannya menjadi kekuatan yang tidak dimiliki orang lain.


4. Jangan jadi orang yang tertutup

Cobalah untuk terbuka mengenai sebuah kekurangan dan belajar untuk bisa bersosialisasi.


5. Selalu tetap tenang

Tidak dapat dipungkiri, bahwa rasa gugup atau takut dapat dialami oleh semua orang. Namun, itu semua dapat Kamu kontrol dengan selalu tetap tenang dengan cara selalu berpikir positif.



Cara membangun kepercayaan diri dalam pergaulan adalah sebagai berikut:


1. Memahami kekurangan 

Mengetahui kekurangan dalam diri kita masing-masing dan menggunakan kekurangan yang kita miliki sebagai alat untuk mendorong kita untuk terus belajar, menjadi orang yang lebih baik .


2. Menjaga Penampilan Kita 

Penampilan juga harus sopan dan berpakaian yang pantas. Jika kita berpenampilan baik, akan lebih mudah bergaul dengan orang lain.


3. Belajar dari kesalahan

Setiap orang membuat kesalahan. Oleh karena itu, belajarlah dari kesalahan kita agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.


4. Bersyukur 

Mensyukuri apa yang telah terjadi pada diri kita saat ini dan di masa yang akan datang dapat memberikan kita kepercayaan diri. Yakinlah bahwa hari esok akan jauh lebih baik dari hari ini.


5. Berpikir positif

Ketika pikiran kita positif, kita merasa percaya diri, tetapi ketika kita sudah berpikir negatif, kita merasa tidak aman.


Percaya Diri saat Berbicara di Depan Umum

Pada umumnya seorang remaja cenderung percaya diri, karena pada masa pubertas, pembentukan rasa percaya diri dimulai pada setiap manusia. Jika kita menghabiskan masa muda kita tanpa memiliki keinginan untuk mendapatkan pengalaman, maka dia tidak akan percaya pada dirinya sendiri dan akan sulit baginya untuk memutuskan suatu masalah dalam hidupnya. Oleh karena itu, tingkatkan rasa percaya diri sejak muda.


Jenis-Jenis Percaya Diri

Jika melihat literatur lain, ada beberapa istilah yang berkaitan dengan masalah percaya diri, yaitu empat jenis, diantaranya sebagai berikut:


  • Konsep Diri

Bagaimana kita menutup diri, melihat potret diri, dan mengkonseptualisasikan diri secara keseluruhan.


  • Harga Diri

Sejauh mana kita memiliki perasaan positif tentang diri kita sendiri, memiliki sesuatu yang kita yakini berharga atau sejauh mana kita percaya bahwa sesuatu yang berharga, bermartabat, atau berharga ada di dalam diri kita.


  • Efikasi Diri

Efikasi diri terbagi menjadi 2, yang pertama yaitu efikasi diri secara umum, yang berarti sejauh mana kita memiliki keyakinan pada kemampuan kita untuk menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah dengan hasil yang baik (berhasil) dan Efikasi diri spesifik yang artinya sejauh mana kita percaya pada kemampuan kita di bidang kita untuk menyelesaikan sesuatu.


  • Keyakinan

Sejauh mana kita memiliki keyakinan dalam penilaian kita terhadap kemampuan kita dan sejauh mana kita merasa "layak" untuk menjadi sukses. Percaya diri merupakan kombinasi dari harga diri dan efikasi diri (James Neill, 2005)


Bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri?

Membangun sebuah bisnis sudah dipastikan membutuhkan modal. Begitu juga jika ingin membangun rasa percaya diri. Yang dimaksud modal untuk rasa percaya diri disini yaitu kemauan, usaha dan ketekunan. Seperti pepatah mengatakan "di mana ada kemauan, di situ ada jalan" yang telah diakui keefektifannya. 

Ketekunan dalam membangun kepercayaan diri merupakan sebuah upaya berkelanjutan untuk tetap bekerja keras dan bersungguh-sungguh mengikuti jalan yang berbeda untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Demikian cara meningkatkan percaya diri. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar