Skip to main content

Cara Melamar Pekerjaan Tanpa Ada Lowongan

hiring
Recruitment

Cara Melamar Pekerjaan Tanpa Ada Lowongan - Sebenarnya bisa gak sih Kita ngelamar kerja ke Perusahaan yang sedang tidak membuka lowongan pekerjaan? Jawabannya, ya tentu bisa. Begini caranya!

Baca juga:

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Kerja untuk Fresh Graduate


Tahap pertama

Buka website https://id.linkedin.com/, kemudian Kamu riset terlebih dahulu perusahaan mana yang Kamu minati. Setelah itu riset kembali tentang bisnis hingga organisasinya.

Tahap kedua

Buka website resmi perusahaannya, lihat struktur organisasinya. Lalu Kamu tentukan bidang apa yang Kamu minati. Misalnya Kamu minat dengan Divisi Marketing, setelah itu Kamu cek pegawainya di Linkedin.

Setelah Kamu menemukan akun linkedin pegawainya, Ingat! jangan langsung minta pekerjaan. Kamu bisa mengirim pesan seperti dibawah ini.

Hallo Ibu/Bapak (sebutkan nama pegawai). Perkanalkan saya (nama kamu) dengan latar belakang (keahlian atau pendidikan). Jika berkenan, apa boleh saya meminta kesediaan Ibu/Bapak untuk bertemu di waktu luang, untuk membahas kualifikasi dan peluang yang ada di Perusahaan (sebutkan nama perusahaannya). Besar harapan saya bisa menerima feedback terkait ini. Terima kasih sebelumnya.

Tahap ketiga

Ketika pegawai di Perusahaan yang kamu minati bersedia untuk bertemu, coba untuk berdiskusi terkait hal ini:

  • Overview perusahaan secara umum
  • Tantangan dan potensi yang dihadapi perusahaan ke depan
  • Hal-hal berkesan yang dialami saat bekerja di Perusahaan (...)
  • Kesempatan untuk pengembangan karier
  • Kualifikasi dan kompetensi yang Kamu miliki
  • Kesempatan berkarier di Perusahaan (...)
Disaat berdiskusi, Kamu juga jangan lupa untuk menceritakan keahlian dan kompetensi yang Kamu miliki ya.

Artikel ini bersumber dari Vina A. Muliana yaitu Senior Associate, Culture Measurement dan Program Development - Mining Industry Indonesia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar