Cara Mengelola Keuangan Pribadi

Financial

Cara Mengelola Keuangan Pribadi - Mengelola keuangan mungkin bisa dikatakan sulit untuk sebagian orang, entah itu anak muda atau yang sudah dewasa. Kamu juga bisa menanamkan pada diri sendiri mengenai cara mengelola keuangan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.


Untuk menghindarinya potensi kesalahan terhadap keuangan yang secara pemulihan mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama. Mempelajari cara mengelola keuangan sejak dini merupakan bagian yang sangat penting untuk semua orang, apalagi untuk pribadi.


1. Buat Rekening Bank

Mungkin Kamu akan merasa kesulitan dalam mengelola keuangan jika belum memiliki rekening bank. Sekarang ini membuka buku tabungan baru semakin mudah, karena bisa dari rumah, yaitu secara online. Jadi buatlah rekening bank untuk menyimpan uang Kamu.


2. Tujuan Keuangan

Menetapkan tujuan keuangan merupakan pilihan yang tepat dan tentu bisa sangat bermanfaat. Jika pada awalnya Kamu belum memiliki tujuan untuk apa uang tersebut, Kamu bisa dengan rutin menabung.


Karena seiring berjalannya waktu, Kamu akan memiliki sesuatu yang mesti diperjuangkan dengan sesuatu yang jelas.


Cara supaya Kamu bisa mencapai tujuan yaitu dengan memprioritaskan tujuan dan memiliki rencana dan tindakan yang telah tersusun dengan baik. Akan tetapi, ingatlah untuk melakukan secara konsisten dan bersikap realistis dalam mencapai suatu tujuan.


3. Buat Anggaran

Bersikap konsisten dan realistis dalam membuat anggaran, tentunya akan membantu Kamu dalam menghindari melakukan pembelian yang belum mampu Kamu bayar atau lewat dalam masa pembayaran. Kesalahan seperti ini bisa saja merusak riwayat kredit Kamu dan oleh karena itu kemampuan Kamu untuk menyewa apartemen, meminjam untuk membeli rumah atau mobil, atau yang paling penting, mendapatkan pekerjaan.


4. Tabungkan Uang Sebagian

Setelah Kamu bisa menghasilkan uang sendiri, kemudian membelanjakannya, tidak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut sangatlah menyenangkan. Namun, dengan menabung bisa membantu Kamu dalam mencapai banyak tujuan keuangan. Dari setiap gaji yang Kamu dapatkan, secara otomatis akan menyetor sejumlah uang ke "rekening dana darurat" dan "rekening tabungan biasa" Kamu. 


Tidak ada salahnya jika Kamu mengawalinya dari hal yang kecil, karena Kamu bisa meningkatkan jumlahnya di masa mendatang. Konsistensi adalah kunci untuk mengembangkan kebiasaan menabung yang berhasil. 


Setelah membayar tagihan bulanan, selanjutnya yaitu pertimbangkan untuk segera memasukkan uang ekstra ke rekening tabungan Kamu daripada menunggu sampai akhir bulan untuk melihat apa yang tersisa. 


Hal Ini akan mencegah Kamu menghabiskan uang ekstra untuk pembelian yang tidak perlu yang dapat mengganggu pencapaian tujuan keuangan. 


Ketika Kamu menyimpan uang, ingatlah untuk melakukannya di sebuah aplikasi yang dapat memberikan Kamu keuntungan, contohnya adalah aplikasi Bibit.


Dengan Kamu melakukan pendaftaran melalui kode referral ini, Kamu akan mendapatkan saldo sebesar Rp25.000. Kode Referral: bibitkubersama.


Jadi, tunggu apa lagi? Install dan daftar sekarang juga di aplikasi Bibit!


5. Belanjakan Sesuai Kebutuhan

Berbelanja dengan memperhatikan kategori kebutuhan terlebih dahulu akan meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu, dan Kamu akan terbiasa dalam menjalani gaya hidup dalam mengelola keuangan lebih sehat.


6. Jangan Terlalu Banyak meminjam

Jika Kamu perlu meminjam, lihat dulu apakah itu pinjaman untuk kebutuhan atau hanya sekadar memenuhi rasa keinginan, misalnya melakukan pinjaman mobil, Kamu perlu memastikan bahwa Kamu meminjam sesuai dengan kemampuan untuk membayar pinjaman.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url