Hari Migran Internasional 18 Desember

Hari Migran Internasional 18 Desember

Hari Migran Internasional 18 Desember - Dalam beberapa tahun terakhir sudah kita ketahui bahwa konflik yang terjadi akan menyebabkan ketidakamanan. Tanpa disadari, dengan adanya konflik telah memberikan kontribusi besar pada pemindahan paksa baik di dalam negara maupun di lintas perbatasan.


Survey membuktikan, dilansir dari website resmi PBB, Pada tahun 2020 lebih dari 281 juta orang adalah migran internasional sementara lebih dari 59 juta orang mengungsi pada akhir tahun 2021.


Terlepas dari alasan yang memaksa orang untuk pindah, para migran dan pengungsi mewakili beberapa kelompok yang paling rentan dan terpinggirkan dalam masyarakat, dan sering mengalami pelecehan dan eksploitasi, memiliki akses terbatas ke layanan penting termasuk perawatan kesehatan, dan dihadapkan pada serangan xenofobia. dan stigma yang dipicu oleh informasi yang salah.


Di sisi lain, banyak pekerja migran seringkali melakukan pekerjaan yang bersifat sementara, informal, atau tanpa perlindungan, yang membuat mereka menghadapi risiko ketidakamanan, PHK, dan kondisi kerja yang buruk.


Dikarenakan kurangnya jalur migrasi yang aman dan teratur, jutaan orang terus melakukan perjalanan berbahaya setiap tahun. Bahkan sejak tahun 2014, lebih dari 50.000 migran telah kehilangan nyawa mereka di rute migrasi di seluruh dunia.


Meskipun demikian, para migran telah terbukti menjadi sumber kemakmuran, inovasi, dan pembangunan berkelanjutan bagi negara asal, transit, dan negara tuan rumah. Kontribusi finansial mereka melalui pengiriman uang menawarkan garis hidup bagi keluarga dan memacu pasar lokal terutama di Negara Berpenghasilan Rendah dan Menengah sementara peran mereka di pasar tenaga kerja tetap tak ternilai sebagaimana terlihat di garis depan respons pandemi COVID-19.


Pengetahuan, jaringan, dan keterampilan mereka telah memberikan kontribusi besar bagi pengembangan masyarakat yang tangguh.


Memperkuat kontribusi migran terhadap pembangunan berkelanjutan memerlukan upaya kolektif untuk meningkatkan tata kelola migrasi dan mengatasi tantangan yang dihadapi migran. Global Compact for Safe, Orderly and Regular Migration (GCM) menawarkan peluang dan panduan untuk mengaktualisasikan mobilitas manusia dan memanfaatkan peluang yang ada.


Setiap tahun pada tanggal 18 Desember, dunia memperingati Hari Migran Internasional, hari yang disisihkan untuk mengakui kontribusi penting para migran sambil menyoroti tantangan yang mereka hadapi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url