Skip to main content

Alasan Kenapa Harus Magang

apprenticeship

Alasan Kenapa Harus Magang – Magang merupakan suatu program yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi, dimana bertujuan untuk menerapkan ilmu yang didapatkan selama masa kuliah ke dunia kerja secara langsung.

Program magang yang diselenggarakan oleh pihak Perguruan Tinggi atau sekolah memiliki tujuan untuk mempersiapkan para Mahasiswa/Pelajar dalam memasukki dunia kerja dan memberikan kontribusi dengan keterampilan yang dimiliki untuk sebuah perusahaan nantinya.


Baca juga:

Keahlian yang diperlukan oleh Marketing

5 Hal yang dilakukan Orang Sukses di Tempat Kerja


Berikut ini ada 5 alasan kenapa Kamu harus magang?

1. Peluang 

Saat Kamu mengikuti program magang dari kampus atau Praktek Kerja Industri (Prakerin) saat SMK, akan membuatmu lebih mengetahui budaya pekerjaan dalam sebuah perusahaan. Kamu akan mendapatkan banyak peluang, mulai dari mengetahui keahlian apa yang Kamu miliki hingga Kamu akan mendapatkan lebih besar peluang untuk diterima kerja full-time, apabila Kamu memiliki kinerja yang bagus.

2. Menjalin Relasi

Menjadikan kesempatan kamu untuk menjalin relasi sebanyak mungkin. Meskipun ada beberapa orang yang membutuhkan waktu cukup lama untuk beradaptasi, cobalah untuk membiasakan diri mengawali sebuah pembicaraan, dengan tujuan untuk mendekatkan diri dengan karyawan atau atasan di tempat Kamu magang.

Karena saat Kamu sudah bisa membangun sebuah relasi dengan rekan kerja atau atasan, maka mereka tidak akan sungkan untuk memberikan sebuah saran bahkan menawarkan informasi lowongan pekerjaan, sehingga hal tersebut memberikan manfaat dampak positif terhadap perkembangan karier Kamu.

3. Keterampilan Baru

Selama program magang, coba explore diri Kamu agar dapat menguasai sebuah keterampilan baru yang dapat menjadi nilai lebih. Contoh, misalnya Kamu jurusan Administrasi Perkantoran, tentu sudah terbiasa dengan aplikasi pengolahan data seperti Microsoft Word, Excel, dan Power Point kan?

Nah saat Kamu magang, belajar hal lain yang dapat membantu rekan kerja atau atasan, misalnya belajar desain grafis. Keterampilan tersebut, saat ini sangat dibutuhkan oleh perekrut magang.

Akan tetapi, belajarlah selain di jam kerja ya. Selesaikan terlebih dahulu tanggung jawab Kamu sebagai anak magang.

4. Mendapatkan Pengalaman

Pengalaman magang bisa menjadi catatan untuk resume Kamu saat melamar pekerjaan. Karena kebanyakan perusahaan menginginkan calon karyawan yang sebelumnya sudah mempunyai pengalaman dalam dunia kerja. Itulah yang menjadi nilai plus Kamu dibandingkan kandidat yang lain, karena sudah memiliki pengalaman di dunia kerja.

5. Meningkatkan Percaya Diri

Dengan adanya program magang, tentu manfaat yang akan didapatkan yaitu meningkatkan rasa percaya diri. Saat Kamu mencoba untuk melamar pekerjaan ke perusahaan atau instansi yang lain, nantinya kamu sudah siap untuk menghadapi dunia kerja, dan saat itulah Kamu bisa langsung menerapkan semua ilmu yang didapatkan selama magang di tempat kerja.

Demikian 5 alasan kenapa Kamu harus ikut program Magang atau Praktek Kerja Industri. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat.

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar