Skip to main content

Keahlian yang diperlukan oleh Marketing

marketing

Keahlian yang diperlukan oleh Marketing – Kualifikasi yang dibutuhkan oleh sebuah Perusahaan dalam melakukan recruitment dalam bidang pemasaran, tentu menginginkan calon karyawannya memiliki keahlian dalam bidang marketing.


Berikut ini merupakan beberapa keahlian yang diperlukan dalam bidang Marketing yang harus Kamu ketahui. Asahlah beberapa kemampuan dibawah ini secara mendalam. Tentukan keahlian mana yang membuat Kamu merasa mahir dalam bidang tersebut.


Baca juga:

Cara Melamar Pekerjaan Tanpa Ada Lowongan

Cara Dapat Kerja Sebelum Lulus


1. Hard Skills

Kemampuan Analisis

Dalam hal ini, harus terdapat pengetahuan, pemahaman, aplikasi, dan evaluasi  yang mampu untuk mengenali dan mengingat mengenai fakta, gagasan, dan metodologi dalam menjawab sebuah pertanyaan.

Menciptakan Konten

Sebelum Kamu membuat konten, ada hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu, seperti melakukan riset konten. Ide bisa didapat dari konten kompetitor atau memahami apapun yang sedang tren belakangan.

Kemudian, jangan lupa juga untuk melakukan riset terhadap audiens. Karena, nantinya Kamu akan mengetahui apakah konten yang sudah Kamu buat itu tersalurkan kepada sasaran yang tepat atau tidak.

Intinya buatlah konten yang orisinil, karena itu akan menentukan bahwa konten yang Kamu buat berkualitas.

Menguasai fungsi sosial media

Saat ini, melakukan pemasaran melalui sosial media merupakan Langkah yang sangat tepat dalam menarik konsumen. Karena kemampuan sosial media saat ini bisa membangun atau menarik minat masyarakat secara luas.

Contoh sosial media yang saat ini masih digunakan dalam berbisnis yaitu Facebook dan Instagram. Selain dapat memperluas target pemasaran, kedua sosial media tersebut dapat menemukan konsumen yang berpotensi menyukai produk yang dipasarkan.

Memiliki pengetahuan e-commerce

Kenapa pengetahuan e-commerce menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh seseorang yang berprofesi dalam bidang marketing? Karena, e-commerce memiliki banyak manfaat untuk perusahaan.

Diantaranya, transaksi yang dilakukan secara online dapat membuat semua orang merasa lebih mudah dalam melakukan pemesanan atau pembelian produk yang dijual. Tentu hal tersebut bisa meningkatkan pangsa pasar.

Selain itu, dengan adanya pengetahuan tentang e-commerce. Seorang marketer dapat menyediakan informasi secara lengkap yang dapat diakses setiap waktu. Sehingga bisa meningkatkan calon pelanggan yang loyal.


Baca juga:

Alasan Kenapa Harus Magang

Tips Agar Tetap Produktif di Rumah


2. Soft Skills

Kreatif

Seseorang yang berprofesi dalam bidang marketing harus memiliki pandangan positif terhadap apapun, entah itu diri sendiri atau lingkungan sekitar. Bahkan harus bisa menciptakan inspirasi dan motivasi dari setiap masalah yang dilihat.

Kemampuan adaptasi

Memiliki kemampuan cepat beradaptasi, sangat diperlukan oleh seorang marketer. Karena hal tersebut dapat menunjukkan bahwa Kamu bisa menangani setiap perubahan dan tantangan baru.

Kemampuan berkomunikasi

Saat berbicara, sampaikanlah informasi yang memiliki artikulasi jelas agar apapun yang Kamu sampaikan dapat dipahami oleh orang lain.

Jiwa kepemimpinan

Seorang pemimpin yang baik itu memiliki rasa tanggung jawab dalam setiap pekerjaan. Cenderung mengedepankan kolaborasi dengan para anggotanya. Sehingga rasa percaya diri akan tumbuh secara natural.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar