Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya untuk Fresh Graduate

interview-kerja
Wawancara Kerja

Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya untuk Fresh Graduate - Pelajari cara menjawab pertanyaan interview kerja untuk Fresh Graduate. Dalam tahapan seleksi penerimaan karyawan di sebuah perusahaan, tentunya staff HRD dalam memulai proses interview kerja akan mempersilahkan para pelamar kerja untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu.

Kemudian, barulah HRD akan memberikan beberapa pertanyaan, salah satu pertanyaan yang kerap ditanyakan saat interview kerja yaitu seperti Mengapa Perusahaan Harus Menerima Anda?. Nah, apabila Anda mendapatkan pertanyaan seperti itu, apa yang akan Anda jawab?

Penting untuk diketahui bahwa sebelum dilaksanakan interview kerja, Anda harus mencari informasi terlebih dahulu terkait perusahaan yang Anda lamar. Jangan sampai, Anda melamar pekerjaan ke perusahaan yang Anda sendiri tidak mengetahui perusahaan tersebut bergerak di bidang apa.

Setelah Anda mendapatkan informasi terkait perusahaan yang Anda lamar, langkah selanjutnya yaitu cari informasi terkait edukasi karir yang dapat membantu Anda tumbuh percaya diri untuk mencapai karir impian Anda. Dapatkan informasi yang lengkap terkait karir hanya di rendiriansyah.com

Berikut, telah saya sajikan referensi terkait informasi saat interview kerja. Yuk simak baik-baik!

Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya untuk Fresh Graduate

1. Coba Sebutkan KELEBIHAN Anda!

Maksud dan tujuan HRD memberikan pertanyaan tersebut yaitu ingin melihat apakah Anda adalah orang yang bisa mengenal potensi diri masing-masing atau tidak. 

Contoh Ilustrasi JAWABAN terbaik:

  • HRD: "Coba sebutkan kelebihan Anda!"
  • Pelamar Kerja: "Kelebihan saya dalam bidang pekerjaan, saya termasuk orang yang disiplin dan tepat waktu. Saya bisa mengerjakan pekerjaan sesuai dengan deadline yang diberikan."

Maksudnya adalah kelebihan dalam bidang pekerjaan, dan tipsnya adalah ceritakan kelebihan Anda yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.

2. Coba sebutkan kelemahan Anda!

Maksud dan Tujuan HRD memberikan pertanyaan tersebut yaitu HRD ingin melihat apakah Anda adalah kandidat yang bisa mengenal kelemahan diri masing-masing atau tidak, mengetahui cara Anda dalam mengatasi kelemahan atau kekurangan yang Anda miliki, dan ingin melihat apakah Anda memiliki solusi dari masalah yang dihadapi.

Contoh Ilustrasi JAWABAN terbaik

  • HRD: "Coba sebutkan kelemahan Anda!"
  • Pelamar Kerja: "Kelemahan saya adalah orang yang pelupa. Namun, untuk mengatasinya, Saya selalu membuat catatan-catatan atau biasanya saya tulis dalam buku agenda saya."

Trik untuk menjawab pertanyaan diatas yaitu berikan jawaban yang tidak ada kaitannya dengan posisi yang Anda lamar.

3. Apa Motivasi Anda dalam bekerja?

Nah, selanjutnya beberapa alasan HRD memberikan pertanyaan tersebut yaitu ingin memeriksa seberapa besarnya motivasi Anda dalam bekerja, kemudian ingin melihat apakah Anda adalah orang yang termotivasi karena kebutuhan hidup semata atau karena hal lain.

Contoh Ilustrasi JAWABAN terbaik

  • HRD: "Apa motivasi Anda dalam bekerja?"
  • Pelamar kerja: "Tentunya dari bekerja, saya bisa mendapatkan penghasilan, selain itu saya juga termotivasi karena punya kesempatan belajar serta mengembangkan diri dalam karir dan bisa menjadi bagian dari perusahaan bapak/ibu."

Tidak ada salahnya Anda menyebutkan bahwa salah satu alasan atau motivasi Anda dalam bekerja yaitu karena bisa mendapatkan penghasilan. Karena pada dasarnya, semua orang yang bekerja tentu mengharapkan hal tersebut. Namun dalam menjawab, Anda harus mengemasnya dengan cara yang sopan.

Selain itu, Anda bisa memberikan keyakinan kepada HRD bahwa Anda adalah orang yang dicari untuk bisa mengembangkan perusahaan mereka.

4. Apa yang ingin Anda cari dalam 5 Tahun kedepan?

Nah, dari pertanyaan tersebut, sebenarnya HRD ingin mengetahui visi dan misi Anda dalam jangka panjang dan ingin melihat apakah Anda memiliki potensi untuk bekerja dalam waktu yang lama atau tidak dalam perusahaan yang dilamar.

Contoh Ilustrasi JAWABAN terbaik

  • HRD: "Apa yang ingin Anda capai dalam 5 tahun kedepan?"
  • Pelamar Kerja: "Dengan kehadiran saya dalam 5 tahun kedepan, saya ingin perusahaan ini lebih maju, dan saya berharap diberikan kepercayaan untuk memegang jabatan dan tanggung jawab yang lebih."

Terkait pertanyaan tersebut, sudah saya jelaskan lebih lengkap di artikel tentang Jawaban Interview Jika ditanya Rencana 5 Tahun Kedepan.


Kesimpulan

Jawaban Anda tidak perlu sama dengan jawaban yang ada pada artikel ini, Anda bisa melakukan improvisasi dengan gaya bahasa Anda sendiri, tentunya dengan sopan dan penuh percaya diri.

Itulah Beberapa Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya untuk Fresh Graduate. Semoga pengalaman yang saya bagikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url