Apa saja Kompetensi yang Harus Dimiliki Warga Negara Global

Apa saja Kompetensi yang Harus Dimiliki Warga Negara Global


Apa saja Kompetensi yang Harus Dimiliki Warga Negara Global - Teknologi yang kian berkembang, tentunya berdampak langsung pada jenis keterampilan yang dicari organisasi di seluruh industri dalam kandidat pekerjaan. Tidak heran jika hal ini mempengaruhi cara pendekatanku dulu Ketika mengajar di sekolah.


Tujuan pendidikan selalu membantu mempersiapkan siswa untuk menjadi anggota masyarakat yang aktif yang memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitarnya. 


Jika siswa saat ini ingin mencapai tujuan mereka, mereka harus belajar menjadi komunikator yang mahir, pencipta inovatif, pemikir kritis yang tajam, dan kolaborator dalam sebuah kegiatan.


Seorang Peneliti Harvard Fernando Reimers dan Connie K. Chung menyarankan bahwa pendidikan harus mencakup pemahaman tentang berbagai kompetensi global. Selain melengkapi pengetahuan pelajar muda tentang budaya dunia dan komunikasi internasional, sekolah juga harus mengajari mereka keterampilan untuk menggunakan apa yang mereka pelajari sebagai warga negara yang aktif dan terlibat. 


Inilah 5 saran dari Reimers dan Chung terkait jenis kompetensi yang harus dipelajari:


1. Kompetensi Kognitif

Salah satu kompetensi kognitif terpenting, catat para peneliti, adalah literasi digital. Lebih khusus lagi, siswa harus dapat menentukan validitas konten digital yang mereka temui. Siswa juga harus dapat melakukan hal berikut:

  • Berkomunikasi Secara Efektif
  • Dengarkan secara aktif
  • Berpikir kritis
  • Bernalar secara logis
  • Menafsirkan dengan jelas
  • Kompetensi Interpersonal


2. Pemikiran Kritis dan Pemecahan Masalah

Membekali siswa dengan keterampilan berpikir kritis yang kuat dapat membantu mempersiapkan mereka untuk sukses di pendidikan tinggi dan dunia kerja. 

Berpikir kritis mencakup kemampuan untuk menalar secara efektif, menggunakan pemikiran sistem, membuat penilaian dan keputusan, dan memecahkan masalah. 

Menjadi mahir dalam berpikir kritis dapat menjadi sangat penting dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan penting lainnya seperti peningkatan konsentrasi, kemampuan analisa yang mendalam, dan pemrosesan pemikiran yang lebih baik.

Dalam masyarakat kita yang semakin otomatis, pekerjaan yang paling tidak mungkin menjadi usang adalah pekerjaan yang membutuhkan pemikiran ahli dan komunikasi yang kompleks. Kemampuan berpikir kritis yang kuat memungkinkan para profesional untuk lebih efektif melayani pelanggan, mengembangkan produk yang lebih baik, dan terus memperbaiki diri dalam ekonomi global yang selalu berubah.


3. Komunikasi

Untuk berkomunikasi dengan jelas, siswa perlu belajar bagaimana mengartikulasikan pemikiran mereka dalam berbagai konteks. 

Mereka perlu mendengarkan secara efektif dengan maksud untuk mengartikan makna dan berkomunikasi dengan baik di lingkungan yang beragam menggunakan berbagai media dan teknologi. 

Penting bagi pekerja profesional untuk mengetahui cara menentukan sumber informasi mana yang akurat, cara memanfaatkannya dengan sukses, dan cara menggunakan komunikasi yang efektif secara budaya sehingga mereka dapat berkontribusi secara produktif pada tim global.

Karena komunikasi yang kompleks seringkali membutuhkan interaksi manusia secara langsung dalam bentuk penjelasan atau negosiasi, pekerjaan yang membutuhkan keterampilan ini cenderung tidak otomatis di masa depan.


4. Kolaborasi

Mampu bekerja secara efektif dengan tim yang beragam, membuat kompromi dan memikul tanggung jawab bersama untuk pekerjaan sangat penting bagi individu untuk membantu tim profesional mereka mencapai tujuan mereka. Munculnya teknologi dan globalisasi dalam tenaga kerja saat ini telah membuat keterampilan ini sangat diperlukan.

Kolaborasi yang efektif bahkan dapat menghasilkan keputusan yang lebih cerdas daripada yang mungkin dihasilkan oleh pemikir tunggal mana pun. Kolaborasi telah ditemukan untuk meningkatkan fleksibilitas dan profitabilitas organisasi, menghasilkan tim yang lebih terlibat dan produktif.


5. Kreativitas

Inovasi dan kreativitas juga merupakan keterampilan yang dapat membantu para profesional mempertahankan nilai mereka di tengah meningkatnya persaingan global dan otomatisasi tugas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url